Rabu, 02 Januari 2008

Menuju Research University

Di akhir tahun 2007 ini, di FE sempat diadakan dua Seminar Nasional Ekonomi yang keduanya diadakan di Gedung C7 Lantai 3. Seminar nasional pertama yang diadakan oleh BEM FE bekerjasama dengan KSEI UNNES pada 29 November 2007, dan yang kedua diadakan oleh fakultas pada 19 Desember 2007. Entah kebetulan, entah tidak, kedua seminar yang berembel-embel “nasional” ini sama-sama minim peserta dari kalangan mahasiswa. Bahkan ada kecenderungan mahasiswa hanya datang, presensi, duduk mendengarkan pembukaan, lalu pulang. Rasanya bisa dipahami jika alasan ketidakhadiran mereka hingga akhir acara adalah karena kuliah, tapi toh di saat-saat seminar itu, tak sedikit mahasiswa FE yang hanya duduk-duduk di Gazebo. Di lain pihak, saat ada pentas band di lingkungan kampus FE, mahasiswa berbondong-bondong menonton. Rendahnya partisipasi mahasiswa terhadap kegiatan-kegiatan yang bersifat akademik ini menimbulkan pertanyaan, layakkah mereka disebut “mahasiswa” ?

Begitupun saat ada lomba karya tulis ilmiah, hanya segelintir mahasiswa yang mengajukan karya tulisnya. Jika dikatakan karena tak ada waktu untuk membuatnya, kenapa mayoritas peserta lomba itu justru mahasiswa-mahasiswa yang menyandang julukan aktivis kampus ? Sembunyi dimana para mahasiswa yang aktivitas hariannya cuma kuliah ?

Kebijakan fakultas yang mengharuskan penerima beasiswa aktif di kegiatan non-kuliah, patut diacungi jempol. Namun perlu diingat juga, di zaman SPL, mereka yang berani kuliah dituntut untuk memiliki back up finansial. Dengan kata lain, hanya sedikit mahasiswa yang butuh beasiswa. Jadi, perlu tindakan lebih dari fakultas dalam upaya meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan akademik menuju terwujudnya universitas berbasis research.

Disamping itu, organisasi-organisasi kemahasiswaan juga dituntut untuk lebih meningkatkan perannya di bidang akademik, bukan semata menjadi event organizer . Kegiatan-kegiatan yang diadakan tidak perlu banyak, yang penting berbobot dan mampu menjaring partisipasi mahasiswa, bukan hanya sekedar untuk menjalankan program kerja.

Tidak ada komentar: