Minggu, 25 Maret 2012

Buletin Ekonomi Syariah SHARE edisi tahun 2008

Pada periode 2008/2009, saya mendapatkan amanah menjadi "manajer" biro Public Relation di Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dalam periode itu, biro berhasil "memproduksi" dan mengedarkan tiga edisi buletin ekonomi syariah SHARE. Berikut ini buletin-buletin tersebut. Silakan dipakai sebagai bahan format buletin, atau referensi, atau bahan lain, dengan mencantumkan KSEI FE UNNES dan atau blog ini sebagai sumber.

Buletin SHARE edisi spesial rekrutmen
Buletin SHARE edisi 1 tahun 2008
Buletin SHARE edisi 2 tahun 2008
Buletin SHARE edisi 3 tahun 2008 [depan]
Buletin SHARE edisi 3 tahun 2008 [belakang]

Secara umum, SHARE merupakan salah satu media syiar ekonomi syari'ah di Universitas Negeri Semarang bagi KSEI periode 2008/2009 dengan target pembaca mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES. SHARE memuat isu terkini Ekonomi Syari'ah, disamping juga memperkenalkan Ekonomi Syari'ah pada mahasiswa awam dan mensosialisasikan KSEI serta program-programnya yang telah, sedang, dan akan berjalan. KSEI FE UNNES telah menerbitkan buletin sejak periode-periode kepengurusan sebelumnya, namun penerbitannya tersendat-sendat, cenderung insidental, dan konten belum dibakukan. Oleh karena itu, pada periode 2008/2009 pengerjaan buletin ini ditertibkan.

SHARE peirode 2008/2009 direncanakan memiliki delapan rubrik tetap, disamping kolom iklan. Porsi masing-masing rubrik dalam setiap terbitan berbeda-beda, didasarkan pada input yang diterima redaksi. Delapan rubrik tersebut adalah:

  1. Intro; dimulai pada SHARE edisi 2 tahun 2008 sebagai kolom yang berisi artikel mengenai perkenalan Ekonomi Syariah bagi mahasiswa awam. Artikel ini berada pada halaman awal dan ditulis dengan gaya penulisan fresh. Rubrik Intro juga berfungsi sebagai editorial redaksi.
  2. Kajian Utama; kolom ini telah ada sejak rilis buletin KSEI periode sebelumnya (lihat SHARE edisi spesial rekrutmen), berisi pembahasan mendalam mengenai satu isu terkini di bidang ekonomi syariah dan atau perekonomian Indonesia. Kolom ini ditulis oleh reporter buletin secara objektif berdasarkan fakta-fakta yang dapat dikumpulkan dari sumber-sumber berita. Kajian Utama juga merupakan rubrik yang diposisikan di halaman depan.
  3. Up to Date dan atau Issue ; kedua kolom ini berisi hot news di industri keuangan syariah Indonesia, biasanya merupakan berita yang dikutip dari media cetak atau elektronik nasional. Posisi rubrik ini dapat disesuaikan dengan isi buletin yang lain, di halaman tengah maupun halaman belakang.
  4. Our Lecturer Says; rubrik ini diharapkan dapat diisi oleh dosen FE UNNES, sebagai upaya untuk meningkatkan relasi dan partisipasi dengan dosen di FE UNNES. Our Lecturer Says terletak di halaman dalam buletin.
  5. Student Voice; merupakan artikel-artikel opini mahasiswa FE UNNES mengenai Ekonomi Syariah. Student Voice juga terletak di halaman dalam buletin.
  6. About Me; merupakan kolom mengenai KSEI FE UNNES. Isinya dapat berupa perkenalan KSEI, program-program KSEI yang telah, sedang, atau akan berjalan, testimoni, dan atau konten lain sesuai dengan situasi dan kondisi.
  7. Istilah Esya; berisi penjelasan istilah-istilah khusus Ekonomi Syariah yang disebutkan di dalam buletin edisi terkait yang diperkirakan sulit dipahami oleh umum dan membutuhkan penjelasan terpisah.
  8. Khazanah; tidak bisa dilupakan bahwa premis Ekonomi Syariah disusun berdasarkan Al Qur'an dan Hadits. Oleh karena itu, dalam rubrik Khazanah ini dibahas ayat Al Qur'an dan atau Hadits mengenai muamalah dan Ekonomi Syari'ah.
Lay out buletin mengalami masa perubahan. Setelah dua edisi pertama terbit, model "lipat dua" dipandang konvensional dan membosankan, mengingat publikasi buletin oleh lembaga-lembaga kemahasiswaan lain di FE UNNES periode tersebut cukup masif. Oleh karena itu, pada buletin edisi ketiga melakukan trial model lay out lipat tiga. Namun, feedback dari para pembaca justru cenderung lebih menyukai model "lipat dua", dikarenakan kebingungan saat membaca buletin edisi ketiga tersebut.

Pada KSEI periode 2009/2010, buletin dinilai tidak lagi feasible untuk disusun ataupun dipublikasikan, karena meningkatnya kepopuleran blog dan social media berarti bahwa banyak media selain buletin yang dapat dimanfaatkan dengan jangkauan pembaca lebih luas dan  budget yang lebih rendah. Oleh karena itu, KSEI selanjutnya lebih berfokus pada media elektronik serta mengintensifkan penggunaan space majalah dinding di kampus. Perkembangan ini menjadikan SHARE edisi 3 tahun 2008 sebagai buletin terakhir yang diterbitkan oleh KSEI FE UNNES hingga saat ini.

Demikian pembahasan singkat mengenai Buletin Ekonomi Syariah SHARE yang diterbitkan oleh KSEI FE UNNES periode 2008/2009

Tidak ada komentar: